Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Industri militer AS Oshkosh Defense akuisisi kendaraan robot dan sang ahli balapan Pratt Miller seharga $ 115 juta dolar atau sekitar Rp 1,6 triliun rupiah. (2020)

Roda bisnis di bidang industri militer terus berjalan.
 
Akuisisi demi akuisisi, persaingan, merger dan perebutan di bidang perusahaan jagat teknologi alustista terus terjadi.
 
Pada tanggal 15 Desember 2020.
 
Salah satu perusahaan raksasa di bidang militer. Oshkosh Defense telah secara resmi mengumumkan pembelian sebuah perusahaan Pratt Miller senilai $ 115 juta dolar atau sekitar Rp 1,6 triliun rupiah.


 
Pihak Oshkosh mengatakan :
 
Pembelian secara cash (100% uang tunai). Bebas hutang. Tanpa pakai cicilan kredit.
 
Pembelian oleh Oshkosh dinilai cukup besar, padahal Pratt Miller hanya dikendalikan beranggotakan 350 orang karyawan saja. Namun Pratt Miller terdiri dari beberapa SDM kalangan professor doktor, teknisi dan ilmuwan yang penuh dengan gairah inovasi.
 
Tentang Pratt Miller.
 
Pratt Miller didirikan pada tahun 1989 di Amerika Serikat.
 
Awalnya fokus kepada program desain balapan untuk memodifikasi mobil balap dan perangat lunak software khusus racing grup pembalap.
 
Kemudian seiring berjalannya waktu.
 
Pratt Miller menciptakan kendaraan robot target bergerak untuk latihan menembak bagi tentara US Army (trackless moving target), menciptakan kendaraan robot pembawa logistic barang barang militer dan menciptakan kendaraan robot sipil untuk melakukan disinfektan di pusat keramaian seperti bandara, kereta, rumah sakit dan pelabuhan.

Berikut portofolio produk Pratt Miller 2020 :




 
Tentang Oshkosh Defense.
 
Merupakan perusahaan industri militer asal Amerika Serikat dalam menciptakan dan membangun kendaraan militer, truck pembawa pasukan, kendaraan traktor pengangkut sampah, truck pembawa tank bahkan hingga ke ranah sipil seperti truck pemadam kebakaran, truck pengaduk semen, truck pembawa sampah, truck lift, dll
 
Kendaraan buatan Oshkosh telah terjual hampir ke berbagai negara.
 
Model varian terkenal perusahaan Oshkosh adalah HUMVEE, JLTV dan truck mobilitas HEMTT.
 
Produk ini sering lalu lalang di medan perang dan di seluruh pangkalan militer AS yang menyebar ke seluruh dunia.
 
Walaupun Oshkosh merupakan perusahaan raksasa asal Amerika Serikat.

Namun komponen Oshkosh masih belum dapat lepas dari ketergantungan teknologi buatan Israel seperti radar AESA buatan IAI (Israel Aerospace Industries), sistem anti ledakan IED, senjata RCWS remote controlled weapon stasion buatan Elbit System Israel, teknologi APS hard kill pencegahan pembunuhan dalam perlindungan aktif Trophy buatan Rafael Advanced Defense system dan baja armor reaktif peredam terjangan kritis dalam menjaga tingkatan survivabilities buatan Plasan asal Israel. 
 
Berikut portofolio produk Oshkosh 2020 :











 

Alasan akuisisi : Hak paten dan inovasi
 
Alasan utama mengapa Oshkosh corp membeli Pratt Miller karena dianggap ahli di bidang ilmu robotika dan teknologi balap.
 
Itu cocok diaplikasikan kelak ke kendaraan tempur militer milik Oshkosh dengan maksud menambah kemampuan robotika kendaraan tak berawak.
 
Sekaligus menambah daya tambah hak paten, ilmu pengetahuan dan inovasi demi menciptakan program teknologi canggih berikutnya di bidang kecerdasan buatan, robotika, otonomi dan elektrifikasi.
 
John Pfeifer, presiden Oshkosh corp mengatakan :
 
Kami percaya menggabungkan keahlian teknik Pratt Miller dengan kekuatan Oshkosh dapat memungkinkan kami untuk menjadi lebih baik dan memposisikan perusahaan kami ke dalam keuntungan pertumbuhan. Sahutnya.
 

Menurut data dari Research hand markets.
 
Perang di masa depan melibatkan lebih banyak teknologi militer canggih dengan kecerdasan buatan (AI) dan alustista robotika. Itu sudah terlihat saat ini, bagaimana pesawat tempur tak berawak drone mulai mendominasi angkatan udara dengan mudahnya melahap para infanteri tentara yang ada di darat, sehingga manusia yang ada di darat berada dalam bahaya. Tak hanya udara. Angkatan laut dan darat mulai bergerak kearah otonom.
 
Mobil, truck dan kendaraan taktis lapis baja militer mau tak mau harus mulai bergerak menerapkan teknologi otonom juga.
 
Pangsa pasar militer robotika diproyeksi terus tumbuh 10% setiap tahun. Valuasi nilai pada 2025 diperkirakan sekitar $ 24 miliar dolar atau sekitar Rp 338 triliun rupiah pertahun.
 
Oshkosh mengakuisisi Pratt Miller mengharapkan budaya dan ilmu pengetahuan darinya dalam harapan membantu dan mempercepat proyek kendaraan otonom cepat terwujud lebih cepat di seluruh portofolio manufaktur kendaraan Oshkosh.
 
Matt Carroll, CEO Pratt Miller mengatakan :
 
Oshkosh adalah mitra ideal kami untuk menerapkan pola pikir dalam menghadapi beberapa tantangan paling signifikan yang dihadapi oleh klien kami. Bersama sama kita berharap dapat bekerjasama menumbuhkan kemitraan selama dekade berikutnya dan memperluas jalur peluang bisnis baru. Kami berharap kita dapat belajar dari satu sama lain dan terus berinovasi untuk menghadirkan produk yang menjadi pemimpin pasar. Sahutnya.
 
MEMBELI LAPANGAN GOLF
 
Tak hanya membeli Pratt Miller. Pada beberapa tahun yang lalu, Oshkosh juga telah membeli lapangan golf yang luas berhektar hektar untuk mendirikan pabrik gedung baru sebagai basis perluasaan fasilitas manufaktur.
 
Tahun 2019. Oshkosh memiliki 16.000 karyawan.
 
Kantor pusat berada di Amerika Serikat. Tepatnya di Wisconsin.
 
Pendapatan tahunan sekitar $ 2 miliar dolar atau sekitar Rp 29 triliun rupiah per tahun.
 
Oshkosh berada di posisi peringkat #46 sebagai perusahaan militer swasta terkaya di dunia.
 
Pada Februari 2020. Oshkosh Corporation dinobatkan sebagai salah satu perusahaan bagus dan etis oleh Ethisphere.

Baca juga :

Youtube : Amerika Serikat Oshkosh Defense

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU