Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadapi Rusia, Iran, Korut, China dan ISIS Islamic State. Apakah Joe Biden tertarik mengintegrasikan kesatuan Amerika Serikat dan Kanada menjadi 1 negara (2021)

Rusia, Iran, Korut, China dan ISIS (Islamic State) adalah beberapa dari musuh negara Amerika Serikat yang dianggap tak patuh terhadap kebijakan negeri dari presiden Joe Biden.
 
Berbagai tantangan dan polemik telah dihadapi oleh Amerika Serikat dimana peranan adidaya super power darinya mulai dikikis.
 
Rusia dan Korut menantang dengan kekuatan senjata bom hulu ledak nuklir dan perlombaan senjata rudal balistik berteknologi tinggi.
 
Sedangkan China menantang dari segi ekonomi atau perang dagang. 
 
Negara Amerika Serikat terus mendapatkan tantangan eksistensial yang berat mengadapi rival dari kekuatan raksasa. Terutama China dan Rusia. 2 negara tersebut berkembang secara militer, teknologi, energi, sumber daya, ekonomi, cyber dan politik.
 
Begitu juga menghadapi ancaman musuh syiah Iran, ISIS (Islamic State) dan Korea Utara. Semua permasalahan tersebut secara terus menerus menguras kemampuan Amerika Serikat.
 
Banyak pengamat dan analisis menegaskan bahwa Amerika Serikat + Kanada harus bersatu menjadi satu negara. Dikarenakan penting tak dapat diabaikan.

 
Merger of the century
 
Mengapa Kanada dan Amerika Serikat harus bersatu menjadi satu negara dalam menghadapi Rusia, China, Iran, Korut, dll. Itu sebenarnya adalah konsep lama cita cita pada abad ke 19 yang belum terwujud. Bahkan sebelum partai komunis China terbentuk.  
 
Seiring waktu berlalu, konsep semakin mendesak.
 
Buku Merger Of The Century diterbitkan oleh penulis dari karya Diane Francis.

 
Beliau menuliskan bahwa Amerika Serikat dan Kanada harus bergabung menjadi satu negara untuk melawan ekonomi China.

Kanada adalah sekutu Amerika Serikat.
 
Kedua negara (AS + Kanada) ketimbang menuju kemunduran bersama. Lebih diusulkan agar memetakan arah penggabungan. Dalam menghadapi ancaman keamanan nasional AS dan penurunan standar kehidupan.
 
Kanada melimpah dengan lahan luas berjuta juta hektar, flora, fauna, kaya terhadap mineral logam dan penduduknya masih jarang. Sedangkan Amerika Serikat terampil dalam hal teknologi, ilmu pengetahuan sains dan perusahaan industri global yang meraksasa.

 
Jika kedua kekuatan tersebut bergabung. 

Memiliki peluang untuk menahan laju dari kemajuan pesat China dan Rusia. 
 
Orang orang Kanada memiliki budaya, bahasa dan agama yang ngga jauh berbeda dengan Amerika Serikat.

Dalam waktu 1 hari saja. Di perbatasan terdapat kurang lebih 400.000 orang hilir mudik melintasi Kanada – Amerika Serikat setiap harinya dalam hal perdagangan barang dan jasa.
 
Tak ada tembok pagar perbatasan melintasi Kanada Amerika Serikat seperti yang menyerupai di Meksiko yang menjulang tinggi untuk mencegah aksi kriminal dan gangster narkoba.
 
Amerika Serikat dan Kanada berbagi perbatasan internasional sepanjang 8.891 km
 
US customs and border protection bahkan sering melakukan patroli hingga jauh ke dalam Kanada. Meliputi pengawasan pelabuhan, bandara, kereta, terminal bus, dll tanpa harus ditolak berarti oleh pihak pemerintah Kanada. Kadang kadang melakukan hubungan timbal balik di mana kepolisian Kanada memberikan informasi intelijen ke kepolisian Amerika Serikat. Atau melakukan patroli keamanan bersama.

 
Bahkan pesawat militer sekelas AWACS (airborne early warning and control) milik Amerika Serikat diizinkan mendeteksi, mengintai dan memberlakukan patroli rutin di atas langit Kanada untuk menghalangi jalan masuk bagi pesawat tempur Rusia.
 
Hubungan kerjasama antara Amerika Serikat dan Kanada saling erat. Tak hanya dalam militer. Termasuk ke pertambangan logam mineral.
 
Kanada adalah pemasok sumber daya alam mineral utama ke Amerika Serikat sebagai kebutuhan senjata militer, teknologi dan energi. 

14 dari 35 mineral REE rare earth element penting ada di Kanada.
 
Kanada adalah penyuplai pasokan minyak ke Amerika Serikat ketiga terbesar setelah Arab Saudi. Walaupun Amerika Serikat juga memiliki sumber daya alam berupa mineral dan minyak yang berlimpah ruah. Lingkungan geografis beragam. Mulai dari yang gersang tandus hingga lahan subur dipenuhi oleh berbagai spesies.
 
Kanada dan Amerika Serikat memperdagangkan barang dan jasa senilai $ 725 miliar dolar atau sekitar Rp 10.222 triliun per tahun.

Apabila kedua negara bergabung. 

Keadaan ekonomi menjadi lebih efesien dan efektif untuk menantang China, Rusia, syiah Iran, Korut, Turki dan ISIS.

Baca juga :
 
Populasi penduduk dan tentara

 
Apabila Amerika Serikat dan Kanada bergabung menjadi satu negara.
 
Maka dapat membentuk 368.744.000 juta populasi manusia bersama, 1.472.000 tentara aktif dan 19.811.345 kilometer persegi luas lahan tanah. 

Youtube : Tentara Amerika Serikat US ARMY
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU