Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 senjata canggih buatan Israel Rafael Advanced Defense System (2021)

Sejak berdirinya sebuah negara Israel di padang pasir timur tengah. Pada saat itu, berdiri pulalah industri Rafael Advanced Defense System.
 
BUMN Rafael adalah sebuah perusahaan teknologi militer asal Israel.
 
Rafael didirikan pertama kali di tahun 1948. Beriringan pula terhadap pembentukan tentara Israel Defense Force (IDF).
 
Rafael memiliki 8.000 karyawan, 67% karyawan berasal dari lulusan pendidikan sarjana S2 dan 300 orang diantaranya merupakan ilmuwan professor doktor S3.
 
Ini tergolong sebagai perusahaan militer terbesar ke 3 di Israel setelah IAI dan Elbit System. Walaupun dari segi jumlah ilmuwan professor doktor. Rafael memang kalah telak dibandingkan Elbit dan IAI yang memperkerjakan hingga ribuan sarjana gelar S3 tersebut.
 
Dilaporkan, perusahaan BUMN IAI mengharapkan Rafael untuk diakuisisi setelah IPO. Tujuan IAI adalah untuk memperkuat sektor senjata berbasis darat, laut, udara, cyber dan luar angkasa dengan cara mengakuisisi Rafael. Sekaligus menghemat lebih banyak manajemen.  
 
Produk senjata milik Rafael Advanced Defense System. Memang tak sebanyak milik IAI ataupun Elbit System. Namun solusi inovasi yang dihadirkan oleh Rafael telah mengubah lanskap persenjataan modern.
 
Pada tahun 2020. Rafael advanced defense system meraup $ 2,8 miliar dolar atau sekitar Rp 39 triliun dengan keuntungan bersih $ 111 juta dolar atau sekitar Rp 1,5 triliun rupiah dari perdagangan senjata global.
 
Rafael dikategorikan sebagai perusahaan militer terbesar dan terkaya dengan peringkat rangking #44 terbesar di dunia.

Berikut daftar senjata canggih buatan Rafael Advanced Defense System (2021).
 
1]. Litesat mikro satelit
 
Litesat adalah satelit pengintai berukuran kecil. 1 roket peluncur mampu membawa hingga 3 satelit litesat. Wilayah operasi jangkauan terbang satelit mata mata litesat mencakup seluruh dunia.

 
2]. Skyshield
 
Skyshield adalah teknologi perusak radar secara elektronik sehingga menghasilkan layar blank pada monitor musuh. Skyshield digunakan oleh iring iringan pesawat tempur untuk menembus wilayah udara musuh dan menantang ancaman sistem pertahanan musuh.

 
3]. C4I Connect
 
C4I connect adalah teknologi komunikasi militer yang terdiri dari radio, sistem berbagi data video audio, mars tactical router, cloud militer, internet ethernet untuk militer, bnet dan sistem penghubung jaring smartphone militer secara bersamaan di medan perang.

 
4]. Litening
 
Litening adalah teknologi pengintaian untuk pesawat tempur dalam mencari target musuh di darat, laut dan udara. Litening melakukan secara visual alih alih menggunakan radar. Fungsi lain sebagai penargetan laser designator untuk membimbing rudal kearah koordinat musuh. Litening diibaratkan sebagai mata bagi pilot pesawat tempur.

 
5]. Skyspotter
 
Skyspotter adalah kamera elektro optic (EO) sebagai perlindungan udara berlapis lapis untuk menghadapi ancaman pesawat tempur siluman yang mampu mengelak dari radar dan memata matai objek udara berupa drone dengan RCS rendah. Skyspotter dilengkapi algoritma canggih, sistem otomatisasi pemprosesan gambar dan kecerdasan buatan (AI).

 
6]. Rudal spice
 
Spice adalah smart, precise impact, cost effective. Ketika rudal spice diluncurkan dari pesawat tempur. Spice membuka bilah kedua sayapnya untuk mengarahkan diri ke lokasi target musuh yang ingin dihancurkan. Spice mampu beroperasi diluar jangkauan visual (BVR). Tergolong kategori rudal udara ke darat. Sinyal operasi spice berkomunikasi melalui kit panduan elektro optic (EO) tanpa menggunakan GPS. Jarak tembak dari 1 km hingga 100 km.

 
7]. Rudal python
 
Python adalah rudal udara ke udara. Python memiliki system elektro optik, imaging seeking, dual waveband (FPA) dan inframerah. Python mampu menembak jatuh pesawat tempur, pesawat drone, rudal jelajah, dan menembak drone musuh dari atas, bawah, belakang, samping dan depan. Jarak tembak rudal python berkisar dari 1 km – 20 km. Berkecepatan 4.000 km/jam.

 
8]. Rudal Derby
 
Derby adalah rudal udara ke udara yang mampu menjangkau jarak 100 km untuk melumpuhkan pesawat tempur musuh.

 
9]. Drone Orbiter
 
Orbiter adalah drone pengintai mata mata yang mampu mengudara selama 24 jam nonstop sekali isi bahan bakar.

 
10]. Iron dome
 
Iron dome adalah rudal pertahanan hingga jarak 70 km.


11]. Trophy
 
Trophy adalah sistem perlindungan aktif atau APS untuk pertahanan tank dan platform kendaraan lapis baja lainnya. Trophy mampu menghancurkan ATGM, rudal anti tank dan amunisi HEAT. Sebelum mengenai lapis baja tank.

 
12]. Rudal Spike
 
Spike adalah rudal penghancur tank, bunker dan infrastruktur bangunan musuh. Spike mampu ditembakkan dari darat, laut dan udara hingga ke jarak 1 km – 30 km.

 
13]. Armor shield
 
Armor shield adalah lapisan reaktif pelindung tank untuk mengurangi dari dampak kerusakan tembakan musuh.

Baca juga :

 
14]. Seabreaker

Seabreaker adalah rudal jejalah yang memungkinkan serangan secara sea skimming dan mengikuti arah medan garis kontur geografis sehingga sulit terlacak oleh radar musuh. Seabreaker dilengkapi teknologi machine learning dan AI (artificial intelligence) sehingga cocok untuk pertempuran modern menghadapi arena A2/AD dan serangan elektronik. Jarak tembak seabreaker adalah 300 km. Rudal ini dapat diluncurkan dari truck darat dan kapal perang jenis fregat, corvet dan destroyer.


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU