Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepemilikan mata uang digital dengan nilai 1 bitcoin hanya dimiliki oleh 813.297 orang atau perusahaan saja. BTC go to the moon menuju Rp 1.000.000.000 (baca : Rp 1 miliar rupiah) (2021)

Bitcoin dan Blockchain diciptakan pertama kali pada tahun 2009 yang lalu. Oleh sosok seorang bernama Satohi Nakamoto.

Ketika memulai, harga 1 bitcoin atau BTC nampak tak berharga. Namun seiring berjalan waktu, karena kemudahan dan kehandalannya untuk melakukan transaksi. Harga perunit BTC makin mahal.

Pada tahun 2010. Jika teman teman punya uang Rp 1.000.000 juta rupiah.

Maka dapat membeli 1.000 unit BTC.

Pada tahun 2012. Jika teman teman punya uang Rp 1.000.000 juta rupiah.

Maka dapat membeli 10 unit BTC.

Saya (Afrid Fransisco) pernah membeli Bitcoin di tahun 2012, kala itu harga 1 BTC hanya dikisaran Rp 700.000 ribu rupiah. Namun, karena keserakahan saya, semua investasi BTC milik saya habis tak tersisa. .  

Kepemilikan mata uang digital dengan nilai 1 bitcoin hanya dimiliki oleh 813.297 orang atau perusahaan saja.

Jumlah investor atau pengguna dompet wallet berbasis blockchain yang bertransaksi, melakukan trading dan menyimpan mata uang asset digital bitcoin, pada akhir maret 2021. 

Tercatat mencapai diangka 77.000.000 juta orang dari total seluruh populasi penduduk dunia yang mencapai 7,8 miliar orang.

Walaupun Bitcoin menimbulkan banyak polemik di berbagai negara. 

Karena bitcoin dianggap menjadi pesaing terberat bagi mata uang tradisional yaitu Yuan China dan Dolar Amerika Serikat.

Pemerintahan partai komunis China (PKT) bahkan melarang rakyatnya untuk menggunakan bitcoin sebagai bentuk tindakan illegal melawan hukum dan dapat dipidana. 

Sedangkan pemerintah Amerika Serikat mengalami permasalahan ambigu, yaitu masih wait and see. AS hingga detik artikel ini ditulis. Tak berani memblokir bitcoin, karena disisi lain BTC mampu menghemat energi listrik negara dalam jumlah yang begitu besar dari maintenance perbankan sehingga menghasilkan peningkatan ekonomi, memicu turunan inovasi startup finansial blockchain lainnya dan tentu saja memperoleh cuan banyak dari tarif pajak. Dimana bitcoin dianggap sebagai komoditas yang legal diperdagangkan oleh rakyat AS di bursa. Tetapi pemerintahan Amerika Serikat masih melarang Bitcoin digunakan sebagai transaksi mata uang. Jika seseorang ingin bertransaksi, pemerintah AS memperbolehkan bitcoin dikonversi terlebih dahulu ke dolar. Sampai kapanpun, Amerika Serikat takkan pernah berniat memblokir, melarang atau membanned bitcoin seperti kesalahan fatal yang dilakukan oleh partai komunis China (PKT).  

Walaupun mendapat tekanan pelarangan. Terutama dari China dan beberapa negara lainnya seperti Iran. Jumlah pengguna atau investor bitcoin diseluruh dunia terus tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun.

Jika anda bertanya tanya...?

Ada berapa banyak orang yang memegang 1 Bitcoin.

Artikel ini menjawabnya bagi anda.

Total mining bitcoin sukses : 18.843.268 unit BTC

Seperti yang anda ketahui saat ini.

Data tahun 2021 dari Coinmarketcap menunjjukkan bahwa total circulating supply jumlah bitcoin yang berhasil di tambang sebanyak 18.843.268 unit BTC. Sekitar 4.000.000 juta BTC sudah tak aktif lagi (hilang di galaksi internet karena beberapa faktor sebab akibat).

Chainalysis, sebuah perusahaan analitik forensik blockchain asal Amerika Serikat mengatakan :

Hampir empat juta bitcoin telah hilang. Sahutnya.

Nah, jadi dari keseluruhan total tersebut, didapat kesimpulan bahwa sebanyak 813.297 orang atau perusahaan memegang sebanyak 1 bitcoin di tahun 2021.  

Kurang lebih 76.200.000 juta orang lainnya memegang sisanya.

Hal ini diperkuat oleh data dari sumber bitinfocharts.

Oh ya, sebagai informasi kepada anda.

Identitas perusahaan juga turut memegang bitcoin. Terutama dari kalangan perusahaan investasi swasta. Jadi ini tak hanya bersifat satu personal pribadi saja.

BTC go to the moon menuju Rp 1.000.000.000 miliar rupiah per unit

Pada tahun 2021.

Harga Bitcoin mencapai dikisaran angka $ 41.000 dolar atau sekitar Rp 578.000.000 juta rupiah.

Beberapa tahun lagi. Cepat atau lambat antara tahun 2022 atau 2023. Kita mencapai sejarah baru dimana bitcoin go to the moon mencapai harga dikisaran melewati Rp 1.000.000.000 miliar rupiah per 1 BTC atau $ 100.000 ribu dolar.

Bitcoin yang semakin langka. Diiringi dengan permintaan tinggi dari masyarakat internasional dimana stoknya terbatas berada di angka terpatok saat artikel ini tertulis dijumlah sekitaran 14.000.000 btc saja. Maka membuat harga bitcoin makin melesat tajam dari hari ke hari.

Selain sebagai investasi bagi investor.

Bitcoin dapat digunakan pula sebagai koleksi bagi orang orang kaya.

Bitcoin layaknya seperti mengoleksi jam tangan mewah, mobil lamborghini mewah, kapal pesiar, pulau pribadi, dll.

Oscar Darmawan, CEO Indodax mengatakan :

Naik turunnya harga aset kripto yang volatilitasnya tinggi bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah hukum pasar tentang penawaran dan permintaan. Apabila penawaran sedikit namun permintaannya banyak maka harga otomatis akan naik begitu pula sebaliknya. Bitcoin memiliki stok yang terbatas namun permintaan terhadap Bitcoin semakin banyak dari seluruh dunia maka wajar saja harganya setiap tahun semakin tinggi. Sahutnya. 

Tentang Bitcoin

Bitcoin berasal dari kata bit. Sebuah bilangan matematika komputer yang terdiri dari angka 1 dan 0 untuk menerapkan mekanisme efesiensi energi dalam hal proses transfer keuangan secara peer to peer (P2P) melalui ekosistem blockchain sekelas militer yang kebal dari serangan hacker, terdesentralisasi, daya komputasi hemat listrik, bekerja 24 jam setiap hari tanpa hari libur, proses pengiriman cepat walaupun perbedaan jarak lokasi geografis saling berjauhan dan jaringan hidup secara otomatisasi sehingga tak dapat diblokir oleh siapa pun. Kecuali seluruh internet dimatikan.   

Teknologi bitcoin diciptakan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.

Namun ini hanyalah sebuah nama samaran.

Bahasa pemprograman bitcoin bersifat open source. Dapat masuk dipelajari bagi kalangan developer IT.

NB peringatan : Investasi bitcoin beresiko tinggi. Artikel ini bukan saran bagi teman teman. Hati hati karena dapat kehilangan modal. Tanggung jawab silahkan dibebankan pada diri masing masing.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU