Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanti militer Amerika Serikat keluar dari NATO (2019)

Sejak pemerintahan presiden ‘Donald Trump’. Amerika Serikat diketahui telah keluar dari berbagai banyak perjanjian kerjasama dan organisasi. Seperti INF (Intermediaterange nuclear forces), UNESCO, Dewan Hak Asasi Manusia, joint Comprehensive Plan of Action.

Termasuk keluar dari organisasi konvensi perubahan iklim dunia, keluar dari organisasi perdagangan seperti NAFTA, TPP dan mungkin masih banyak lagi.

Alasan utama Amerika Serikat keluar karena ingin membentuk ‘American First’

MENANTI AMERIKA SERIKAT KELUAR DARI NATO 

NATO atau North Atlantic Treaty Organization adalah sebuah organisasi yg didirikan pada tanggal 4 April 1949.

Dengan doktrin utamanya berupa :

Apabila ada serangan perang terhadap salah satu anggota. Berarti dianggap sebagai serangan perang terhadap semua anggota NATO. Jadi seluruh anggota semua negara-negara sekutu NATO berhak bersama-sama melawan ancaman dengan kekuatan pasukan bersenjata gabungan dengan tindakan aksi pembalasan yang paling besar.

Fakta warsawa NATO, didirikan pertama kali dengan maksud melawan dan mengimbangi kekuatan militer Uni Soviet. (Uni Soviet kini namanya Rusia).

USANG 

Presiden AS Donald Trump telah berkali-kali menginginkan Amerika Serikat keluar dari organisasi NATO.

Berdasarkan perjanjian. Negara-negara NATO diharuskan membayar membelanjakan setidaknya 2% dari produk domestic bruto (GDP) untuk urusan keamanan militer.  

Kenyataan dilapangan, Jerman dan rata-rata negara sekutu lainnya hanya menghabiskan sekitar 1%. Sebaliknya, AS menghabiskan 4% demi kepentingan perlindungan bagi mereka.

Trump menganggap NATO sudah usang.


Amerika Serikat tidak perlu berada dalam aliansi militer apapun seperti NATO. Organisasi ini menjadikan AS budak untuk semua negara Barat dan Uni Eropa.

Mereka merongrong keuangan pajak AS untuk membayar kepentingan perlindungan bagi diri mereka sendiri yg tak berdasarkan kepentingan AS itu sendiri. Sedangkan mereka menikmati hasilnya tanpa memberikan balasan sesuai bagi AS.



Presiden Trump mengatakan : 

Saya mengatakan kepada orang-orang bahwa saya sangat kesal jika mereka tidak berkomitmen secara sangat substansial. Karena Amerika Serikat selama ini membayar sangat besar 90% persen membiayai NATO," sahutnya. 

Dengan keluar dari NATO. Amerika Serikat dapat memimpin apa yg diinginkan dengan tujuan dan misi khusus yg sesuai tanpa dapat diatur-atur lagi oleh keinginan negara-negara Barat dan Uni Eropa.

Melainkan untuk keinginan Amerika Serikat itu sendiri, America First.

Dilansir dari CNN :

Saya pikir saya bisa (mengeluarkan Amerika Serikat Keluar dari NATO tanpa persetujuaan kongres)

Meninggalkan NATO. Bukan berarti militer Amerika Serikat lepas pergi dari benua biru dan meninggalkan para sekutunya seorang diri berhadapan melawan raksasa adidaya Rusia.

Amerika Serikat tetap berada disana dalam jangka waktu lama bahkan terus meningkatkan armada militer, terus mengirim pasukan dan terus mengirim bantuan kepada sekutunya, entah berupa peralatan persenjataan, pendanaan uang, bantuan sosial, bantuan penasihat, bantuan infrastruktur, dll sebagainya.

Ini semua adalah tentang Kepentingan, siapa pemimpin sebenarnya..


Ini pula tentang menghemat uang. Alih-alih memiliki banyak organisasi penguras biaya.

Jika 1 Pentagon saja mampu menghandle banyak system.

Mengapakah AS membutuhkan organisasi NATO yg dikenal boros biaya dan usang.

Keluar dari NATO secepatnya. Merupakan pilihan paling tepat bagi presiden Donald Trump menjadikan AS sebagai pemimpin utama memerintah negara-negara Barat dan Uni Eropa.

Bukan sebaliknya

Artikel Lainnya :

Yotube : NATO

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU