Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Film Berkualitas, Movie Geek Wajib Tahu (2020)


Sebelum meluangkan waktu untuk menonton, sebaiknya kenali dulu tips memilih film dengan tepat. Film telah lama menjadi hiburan utama bagi sebagian besar orang, terutama pecinta film. Beragam genre mulai dari komedi, drama, thriller, horror dan sebagainya bisa Anda nikmati sendirian maupun dengan orang lain.
Jika sudah lelah dengan rutinitas pekerjaan, maka film menjadi pelarian yang tepat untuk menyegarkan kembali pikiran Anda. Luangan waktu sejenak untuk pergi ke bioskop dan membeli tiket film pilihan di akhir pekan. Sayangnya, banyaknya film yang beredar sering kali membuat Anda kebingungan hendak memilih yang mana sehingga butuh tips memilih film.
Tentunya Anda tidak mau menghabiskan waktu dengan menonton film yang tidak sesuai ekspektasi, bukan? Oleh sebab itu, sebelum membeli tiket film, sebaiknya Anda menerapkan tips dalam memilih film berikut. Dengan begitu Anda merasa puas dan tidak kecewa dengan waktu dan uang yang telah disisihkan.
Tips Memilih Film Agar Tak Kecewa
Mungkin Anda berpikir jika menonton film cukup pilih yang disukai saja, padahal Anda bisa mendapatkan film yang lebih berkualitas dengan beberapa tips di bawah ini. Dengan begitu, bukan hanya hiburan yang didapat, namun juga kualitasnya.
1]. Memilih Genre Film
Salah satu cara paling mudah dalam memilih film untuk tontonan di akhir pekan adalah dengan melihat genrenya. Ada bermacam-macam genre yang biasa diangkat menjadi sebuah film. Antara lain genre drama romantis, komedi, horror, thriller, sci-fi, fantasy, crime, war, mystery, dan masih banyak lagi.
Sebaiknya Anda memilih genre yang sesuai dengan suasana hati terkini. Jika Anda terlalu penat dengan rutinitas dan ingin sesuatu yang fresh, ada baiknya memilih film komedi romantis. Genre tersebut umumnya membawa cerita yang ringan namun enak dinikmati. Tips memilih film yang satu ini dapat memudahkan Anda.
Namun, pada dasarnya Anda bisa memilih genre apapun. Penggemar film serius mungkin tak akan puas jika menonton komedi. Maka tak salah kalau memilih film mystery, thriller, atau crime yang lebih menegangkan. Intinya, pilihlah genre yang sesuai dengan minat agar tetap enjoy saat berada di dalam studio.
2]. Menonton Trailer Film yang Akan Ditonton
Setelah Anda menentukan genre yang akan ditonton, tips memilih film berikutnya adalah trailer. Trailer memuat potongan scene dalam suatu film. Untuk menarik penonton, setiap produksi film pasti juga membuat trailer yang sedikit mewakili cerita. Anda bisa mengamati video trailer resmi untuk melihat apakah bisa membuat Anda tertarik.
Meskipun hanya beberapa menit dan menampilkan potongan kecil adegan, namun Anda bisa memprediksi bagaimana alur film. Akan tetapi Anda harus cermat saat melihat trailer karena durasinya yang sangat pendek. Biasanya, trailer sebuah film hanya menyuguhkan adegan terbaik dan membuat penonton penasaran.
Tidak semua trailer yang bagus menampilkan film berkualitas sesuai harapan penonton. Begitu pula sebaliknya. Terkadang ada pula film bagus namun trailernya kurang menarik. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak menjadikan trailer sebagai satu-satunya patokan karena tips memilih film lainnya juga tak kalah penting.
3]. Mencari Tahu Sutradara Film Tersebut
Sebelum menentukan film mana yang akan ditonton, tak ada salahnya Anda mencari tahu siapa sutradara di balik film tersebut. Sutradara memiliki peranan penting terhadap kualitas sebuah film karena ialah yang mengarahkan setiap pemain dan kru selama proses produksi. Dengan mengetahui sutradaranya, Anda bisa memperkirakan kualitas film tersebut.
Jika sudah mengetahui siapa director yang menukangi, berikutnya cari tahu penghargaan apa saja yang pernah diraih. Prestasi seorang sutradara menunjukkan kelas dan kualitasnya dalam hal membuat film. Film yang disutradarai oleh director dengan segudang penghargaan besar kemungkinan kualitasnya juga sejalan dengan ekspektasi Anda.
Nama besar seperti Christopher Nolan tentu sudah tak asing bagi penggemar film Hollywood karena pencapaiannya yang luar biasa dengan film-film menakjubkan. Sedangkan industri film dalam negeri memiliki sutradara teruji seperti Mira Lesmana, Edwin, atau Mo Brothers. Cara ini merupakan tips memilih film yang cukup jitu.
4]. Pemeran Film yang Membintanginya
Pemeran atau cast juga turut memberikan dampak pada kualias film. Aktor dan aktris dengan kualitas mumpuni tentunya memberikan performa maksimal dan terbaik sehingga menghasilkan adegan bermutu. Skenario sebaik apapun jika tidak dieksekusi dengan baik oleh sang pemeran maka hasilnya tidak akan memuaskan.
Maka, salah satu tips memilih film yang mudah adalah dengan melihat pemeran utama hingga pendukungnya. Anda tentu sudah familiar dengan nama besar seperti Keanu Reeves, Leonardo Dicaprio, hingga aktris muda Saoirse Ronan yang memiliki akting gemilang. Nama-nama bintang besar tentu menjadi nilai plus untuk menarik penonton.
Namun popularitas dan kualitas pemain film bukan menjadi jaminan pasti. Ternyata tidak semua film yang dibintangi aktor maupun aktris terkenal mampu memuaskan harapan penonton. Sebaliknya, ada pula film dengan kualitas mengesankan meskipun hanya dibintangi oleh pemeran yang kurang terkenal atau bahkan pendatang baru.
5]. Melihat Rumah Produksi
Tips memilih film yang terakhir yaitu memperhatikan rumah produksinya. Selain sutradara, rumah produksi juga memiliki andil besar dalam eksekusi sebuah film. Khususnya bagi penggemar film fantasi atau animasi yang didominasi penggunaan efek hingga CGI. Tentunya hasil film tidak akan maksimal jika dikerjakan oleh tenaga tak berpengalaman.
Di industri perfilman Hollywood ada beberapa nama studio film raksasa yang telah menghasilkan banyak sekali film berkualitas seperti Warner Bros, Paramount, Walt Disney, Pixar, dan sebagainya. Namun ada pula studio independen yang namanya tidak mentereng namun kualitas filmnya tak kalah menjanjikan seperti studio A24.
Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, besar kemungkinan Anda bisa menikmati film yang sesuai ekspektasi. Dengan begitu, Anda tak akan kecewa dengan film yang telah dipilih.  Waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan pun tak akan sia-sia. Tips memilih film ini bisa Anda terapkan di akhir pekan ini.
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU