Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Senapan Genggam Paling Berbahaya di India : AK203, Tavor, Car816, dan SIG716 (2019)

Foto : Angkatan Bersenjata India dengan Senapan Tavor dari Israel
Pemerintah India telah berjuang keras selama bertahun-tahun dalam program ‘Make By India’. Untuk membangun industri pertahanan dalam negeri oleh anak-anak bangsa India.

Mulai dari membangun rudal, pesawat tempur, tank, kapal perang, dan kendaraan militer dengan tangan-tangan lokal bangsa India.

Saat ini industri pertahanan pribumi India berkembang di hampir semua bidang. Pemerintah India mengelontorkan banyak uang untuk meningkatkan riset dan penelitian (R & D) dan bersinergi dengan industri plat merah (BUMN), startup, dan perusahaan publik swasta untuk mendukung kemajuan bangsa.

Melalui OFB Ordanance Factories Board. India telah menciptakan produk senjata genggam seperti INSAS, FN FAL, Para.308, dan masih banyak lagi.

Namun pemerintah India telah kecewa terhadap kemampuan produk senapan-senapan buatan lokal tersebut demi tujuan menghadirkan pertahanan India yg berkualitas.

Senapan serbu yg dibangun oleh anak bangsa India handal untuk melawan pengedar narkoba, anti pemberontakan, dan terrorist militant bersenjata di perbatasan.

Tetapi, senapan-senapan India dihadapi oleh pilihan sulit sekarang melawan ancaman aktor negara tetangganya Pakistan yg dilengkapi dengan perlindungan kendaraan lapis baja dengan armor berat.

Permasalahan kelemahan senjata genggam India misalnya viabilitasnya rendah, recoil terlampau tinggi hingga menimbulkan keretakan disana sini, akibatnya ketika diproduksi awalnya bagus berjalan lancar namun beberapa tahun kemudian mudah rusak.

Rata-rata tembakannya rendah per unit, sering macet, berat sehingga sulit dibawa, mode otomatis terlambat bertindak, dan daya jangkau jarak tembak kurang memadai sehingga berbahaya bagi kehidupan nyawa tentara India.

4 Senapan Genggam Andalan India 
AK-203 

Frustasi dengan kualitas senjata genggamnya. 

India resmi memilih menggunakan produk Kalashnikov AK-203 buatan Rusia.

Paling penting, kualitas series dengan symbol AK terkenal tak pernah macet. Hal wajar apabila AK dinobatkan sebagai senapan terlaris nomor #1 di seluruh penjuru dunia.



Kakaknya, sang legendaris AK47 buatan Uni Soviet. Terbukti battle proven membunuh jutaan nyawa karena diminati oleh berbagai tokoh dunia, mulai dari bos mafia, teroris, pengaman presiden, tentara, pasukan khusus, dll.

Walhasil dijuluki-lah AK47 sebagai “Senapan sejuta umat”. Fakta dilapangan sebenarnya AK47 yang beredar di dunia sebanyak lebih dari 100.000.000 juta unit.

Versi terbaru, AK-203 mampu bekerja di bawah kondisi iklim ekstrem, kondisi beku, efektif bahkan di kondisi berdebu penuh pasir dan hujan deras.


Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan :

Selama lebih dari 7 dekade. Rusia telah memasok persenjataan dan peralatan yang andal dan berkualitas tinggi kepada teman-teman kami India. Sekitar 170 pabrik industri telah didirikan di India dengan bantuan dari negara kami. Pabrik itu sendiri menjadi symbol persahabatan dan kerjasama yang konstruktif antara 2 negara kami. Sahutnya.

Dibawah program “Make in India’. Rusia setuju memproduksi senapan AK-203 berdasarkan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri India).

AK203 diproduksi massal di pabrik Amethi, India.  

Saham perusahaan mayoritas 50% di JV dan 49% di Kalashnikov Concern.


AK-203 digunakan oleh tentara pasukan militer dan polisi India juga diberikan senapan AK-203.

Youtube : Rusia AK-203

Nama produk senapan : AK203

Perusahaan : Kalaniskov, BUMN Rostec

Asal : Rusia

Jumlah pemesanan India : diatas 800.000 unit

SENJATA TAVOR




Selain mengoperasikan AK-203. Untuk memenuhi kebutuhan senjata sebanyak 1.362.500 tentaranya. India juga menggunakan senapan Tavor dari varian Tavor Tar21, Tavor X95 dan Tavor 7.

Tavor merupakan produk senapan dari negara Bintang Daud, Israel.

Tavor merupakan adik dari sang legendaris UZI yg dulunya terjual berjuta-juta unit ke seluruh penjuru dunia.

Untuk memenuhi permintaan TKDN dan program Make in India.

Perusahaan militer swasta Israel yg didukung oleh pemerintah Zionis setuju agar Tavor diproduksi di pabrik manufaktur Punj Lloyd Raksha System di India.

Pemerintah India berhak pula menjual (ekspor) senjata tersebut ke luar negeri.

india+israel+perjanjian+senjata.jpg (650×365)

Michel Ben Baruch dari SK Group mengatakan :

Kementerian pertahanan Israel dengan sepenuh hati mendukung kerjasama bisnis ini dan kami terus mendukung transfer teknologi hingga ke masa depan. Sahutnya.

Tavor digunakan oleh pasukan khusus para komando India, komando mariner (dikenal sebagai Marcos) Pasukan khusus komando Garud dan garda keamanan nasional anti terror.

Samy Katsav mengatakan :

Melalui kaloborasi ini. Israel menawarkan kombinasi teknologi pertarungan pertempuran bersama rekan bisnis India kami. Saya sangat optimis tentang peluang sektor ini dan yakin terhadap kontribusi program ‘Make in India’. Sahutnya.

1 unit Tavor berkisar di rentang harga Rp 80.000.000 – Rp 90.000.000 juta rupiah. Jarak tembak 600 meter dengan kecepatan 900 butir peluru per 1 menit. 

Youtube : Israel Tavor

Youtube : Israel Tavor

Nama produk senapan : TAVOR

Perusahaan : SK Group, Israel Weapon Industries

Asal : Israel

Jumlah pemesanan India : diatas 250.000 unit (belum termasuk senapan Sniper buatan Israel dan senapan machine gun Negev)

CAR 816 Caracal

Tavor, Sig Sauger SIG716, Car816 Caracal, dan AK203 adalah senjata genggam utama pasukan India.

India memesan sebanyak 93.000 Car816 dari perusahaan Caracal Internasional yg kini berkantor pusat pindah di Uni Emirat Arab. Dulunya perusahaan tersebut berpangkalan di Jerman, Uni Eropa. Namun diakusisi oleh UEA.


Sepintas, senapan ini mirip seperti M4 dan Colt AR-15 milik Amerika Serikat. Kenyataannya berbeda.



Car 816A2 terdiri dari laras 11,5, 14,5 dan 16 inci. Menawarkan tembakan semi otomatis dan otomatis. Senapan piston eksternal dengan katup gas yang dapat disesuaikan oleh tentara.


Car 816 memiliki recoil stabil karena tiap baut terkelola dengan baik dan menggunakan penyangga buffer bubuk tungsten khusus untuk mengelola bouncing pembawa baut. 

Youtube : Uni Emirat Arab CARACAL

Nama produk senapan : CAR 816

Perusahaan : Caracal Internasional

Asal : Uni Emirat Arab

Jumlah pemesanan India : diatas 93.000 unit

Artikel Lainnya :

SIG716 

Sebagai pengamat militer atau bagi anda bagian dari TNI atau Polri.

Tentu sudah paham dan mengerti tentang Sig Sauer.

Sig Sauer adalah perusahaan senjata asal Jerman Uni Eropa, Sig Sauer memiliki Kualitas senapan genggam salah satu terbaik the best of the best di dunia.

Jutaan penegak keamanan pelanggan konsumen produk Sig Sauer dari seluruh penjuru dunia memahami bagaimana produk Sig Sauer begitu handal, begitu pula dengan Negara Bollywood India.

India membeli secara langsung produk SIG716 tanpa mendirikan pabrik lokal.

SIG716 digunakan oleh 2.000 tentara angkatan laut India dan 4.000 tentara angkatan udara India dan 66.000 tentara angkatan darat India yang berada di area sensitive perbatasan.

Youtube : Jerman, Uni Eropa. Sig Sauer

Nama produk senapan : SIG716

Perusahaan : Sig Sauger

Asal : Jerman, Uni Eropa (UE)

Jumlah pemesanan India : diatas 72.400 unit

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU