Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diary Urban Farming, Family Cooking, Travel dan Gaji Bisnis Online Juni 2020 [ Rp 257.000 ]


Hari ini tanggal 1 Juni 2020. Seperti biasa saya mulai menulis pendapatan bisnis internet saya yg berasal dari hasil bulan lalu Mei 2020.

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan & kelebihan strategi bisnis online saya untuk menjadi lebih baik lagi.

Gaji+Penghasilan.jpg (600×400)

Fokus ke 3 bisnis saja

Selama kira-kira 2 tahun ini. Pikiran saya berkecamuk banget tentang bisnis trading.

Melihat orang orang lain anak anak muda dapat menghasilkan uang dari bisnis trading.

Memang benar bisnis trading nilainya besar banget.

Tetapi sepertinya basic saya memang bukan disini.

Saya sama sekali ternyata ngga cocok dibisnis trading.

Karena alih alih dapat untung. Uang saya malah terus terusan habis di Trading.

Lose Lose Lose terus terusan….

Hem…, menarik nafas sebentar ya.

Daripada waktuku habis mikirin trading. Sudah kuputuskan untuk fokus di 3 bisnis utama saja yang memang sejak kecil saya menyukai.

Waktu kecil. Afrid membuat majalah Doraemon dengan menggambar dan mendesain alur ceritanya sendiri. Seiring berjalan waktu ketika duduk di bangku sekolah. Saya membuat majalah tentang militer dan teknologi. Kemudian membawanya ke sekolah.

Dikelas banyak teman temanku asik membaca majalah buatan saya sendiri dengan buku gambar dan potongan foto-foto koran dan majalah. Lengkap dengan desain artikelnya sendiri.

Ketika Internet muncul. 

Saya kemudian memindahkan tulisan majalah tradisionalku pertama kali ke platform blogger.

Lagi lagi tema masih tentang pembahasan teknologi, militer dan karena blogger berbasis interaktif. Aku juga kini dapat menambahkan list koleksi video lagu-lagu christian music kesukaanku.

Youtube : Christian Music Internasional


Youtube : Christian Music Internasional


Youtube : Christian Music Internasional


Pada masanya. Sebelum adanya marak persaingan media media situs berita raksasa online bertebaran di internet.

Rekor blog sederhana ini pernah meraih hingga 750.000 pembaca dan menghasilkan Rp 800.000 ribu hanya dalam 1 bulan saja.

Aku suka hobiku.

Kini hobi menulis menghasilkan uang walaupun sekarang cuma ngasilin kira-kira Rp 250.000 ribu saja.

Aku juga suka berternak, bertani dan sering membaca artikel tentang investasi.

Jadi alih alih trading yang saya rasa sulit banget.

Mending fokus ke 3 hal utama saja yang memang aku sejak kecil berada disana.

1]. Urban Farming.

2]. Publisher Google Adsense.

3]. Investasi Cryptocurrency.

Untuk soal rezeki. Saya masih belum tahu gimana cara memikirkannya. Karena ke 3 bisnis ini nampaknya belum dapat memenuhi kebutuhan hidup. Yang penting saat ini aku nyaman terhadap pekerjaan ini.

Semoga Tuhan Yesus menolong Afrid kedepannya.

Kedepannya ngga perlu ganti ganti, ngga usah keluar dari zona nyaman atau ngga perlu berinovasi lagi terhadap pencarian pekerjaan lain tetapi saya mencoba tetap dengan apa yang sudah tersedia sejak kecil. Sudah cukup dengan trading yang menghabiskan banyak uang dan membebani waktu selama ini.

Berhenti mencari pekerjaan lain.

Saatnya untuk kembali lagi dan lebih fokus kepada pekerjaan sejak kecil.

Untuk bisnis trading. Biarkan saja orang orang yang berkompeten dan ahli disana. Karena sadar diri juga Afrid ngga bakalan sukses di Trading.

Lebih baik mengerjakan pekerjaan basic apa yang kusuka sejak kecil.

Mengganti Azolla dengan Apu Apu dan Terpal dengan seng


Kolam ikan di area pembersih air saya coba ganti dengan tanaman apu-apu.

Setelah memakai Azolla hasil penyerapan kotoran menjadi lambat. Terus kalau hujan deras dan ada anakan ikan nila kesitu. Semua Azollaku dilahap habis.

Tanaman apu-apu dikenal tumbuhnya cepat dibandingi Azolla dan daya serap kotorannya kuat banget. Tetapi Azolla punya protein tinggi.

Bulan Mei. Saya memutuskan menggunakan tanaman apu-apu saja. Termasuk mengganti terpal menjadi seng agar biaya perawatan kolam ikan menjadi lebih murah.

Ganti Template Sugeng 

Dapat informasi kemaren kalau mas Sugeng telah memperbaharui template ke versi 4.

Langsung dicoba karena katanya ada fitur terbaru disebut LAZY LOAD.

Pas saya coba.

Posisi SEO (Search Engine Optimization) blog ini malah menurun hampir 50%.

Kenapa ya…? Ngga biasanya gitu.

Kalau kuperhatiin. Template mas Sugeng kali ini benar benar baru dibandingkan sebelumnya. Jadi butuh waktu bagi perayapan spyder Google untuk mengindeks ulang. Semoga bisa pulih kembali.

Sakit gigi dan kena penyakit infeksi bakteri (Paronikia) 

Udah ngga tahan banget. Sakit gigi berlubang makin hari nampaknya makin membesar.

Tiap malam rasanya nyut nyut.

Selama berbulan bulan aku biarin aja gigi berlubang ini.

Padahal dulu lubangnya masih kecil kubiarkan saja.

Eh…, sekarang udah besar lubangnya.

Kalau ngga salah bertahun tahun ngga pernah ke dokter gigi lagi.

Terakhir seingat Afrid waktu umur 17 tahun. Jadi terpaksa pakai uang Papah aja berobat ke dokter gigi bulan ini. Nanti berangkat dengan adikku.   

Soalnya, gigi gerahamku disebelah kiri tinggal satu-satunya.

Kalau lubang terus membesar dan menghancurkannya maka tamatlah semuanya sudah.

Karena 3 geraham aku yang dulu udah dicabut semua.  

Oh ya, entah kenapa juga jari jempol kanan ikut ikutan sakit juga.

Pas cek artikel di Google di situs Alodokter.com

Ternyata saya kena penyakit Paronikia akibat infeksi bakteri masuk ke dalam kulit.

Kalau kubaca penyebabnya karena tangan aku sering basah dan sering terpapar air.

Terus pas ada luka sayatan kecil. Maka masuklah bakteri penyebab Paronikia.

Jari jempol ku sakit banget rasanya hampir 2 minggu. Infeksi bakteri menyebabkan nanah juga. Ditambah dengan sakit gigi. Tambah sakit deh semuanya.

Beruntung, mulai kemaren udah mulai sembuh tanpa harus ke dokter. Obat yang saya minum cuma Paracetamol dan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan bakteri.

Lain kali kalau saya mau membersihkan limbah makanan dan mencuci pakai sarung tangan karet. Agar dapat terlindungi dari deterjen cream ekonomi, rinso dan kotoran busuk yang penuh dengan sumber bakteri patogen.

Mengapa saya jadi sering bangun tengah malam ya

Bulan kemaren rasanya ada sesuatu aneh dengan diriku.

Kok tiap tengah malam.

Sekitar jam 12 atau jam 1 atau jam 2 malam sering banget kebangun tiba tiba.

Perasaan tidur jadi ngga nyenyak.

Bawaannya pengen bangun terjaga. Tapi pengen tidur lagi.

Bahkan kalau ngga salah tanggal berapa ya aku lupa. Pernah ngga tidur semalaman. Udah di kasur coba terus menutup mata, tapi ngga bisa tiduran sama sekali juga.

Hem…, Kalau aku pikir sih kayaknya resah aja.

Kebawa pikiran aja, jadinya sering bangun tengah malam.

Beberapa hari ini kayaknya tidurku udah kembali normal.

Kayaknya memang pikiran gelisah jadi penyebab utama kayak gitu.

Menurutku. Mungkin mikir kekasihku yang memilih pergi menjalin cinta bersama pria lain yang tentu saja lebih keren, lebih ganteng, lebih kuat, lebih hebat, lebih kaya, lebih mencintai, dan lebih lebih lebih lainnya.

Tapi, ya sudahlah, kata lagunya Bondan Prakoso.

Dia memang bukan jodoh dan bukan belahan jiwa yang harus kupercaya.

Sadar diri juga Afrid. Saya hanyalah orang jelek, lemah dan tak berdaya.

Oh ya, kudoakan dengan tulus iklas terbaik untuk mereka berdua hingga pernikahan sampai nenek kakek nanti. Amin.


INCOME GAJI PENGHASILAN JUNI 2020

Google Adsense : Rp 257.000

Terima kasih Tuhan Yesus Kristus untuk rezekinya hari ini. Amin.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU