Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

27 Peringkat Negara Paling Kuat Kombinasi Militer, Ekonomi, Politik, Nuklir, Pengaruh Dunia dan Sulit dikalahkan (2019)


Ekonomi dan militer merupakan 2 hal yang tak mungkin dipisahkan. Bagaikan dua sisi mata uang yang selalu menyatu.

Nah apabila kita kaitkan tentang bagaimana cara menentukan survey metologi untuk menentukan peringkat sebuah negara terkuat berdasarkan kombinasi militer, ekonomi, politik, sosial dan budaya merupakan sesuatu hal yg sulit, kompleks dan indikatornya rumit. Kadang-kadang kurang akurat.

Terima kasih kepada situs seperti Globalfirepower, Bloomberg, Statiska, dan CIA Inteligence Factbook.

Memberikan gambaran bagaimana sebuah negara bertindak, berperilaku dan bekerja untuk menjadi terdepan demi segenap kedaulatan dan kesejahteraan rakyatnya.

Mengapa artikel ini penting. Tentu saja bagi kalangan investor memerlukan sebuah panduan data dimana seharusnya mereka berinvestasi dan kemana saja uang seharusnya dialirkan untuk meraup keuntungan keuangan.

Terdapat lebih dari 170 negara di dunia ini. Tak semua negara tergolong bagus. Ada negara hebat, tetapi ada pula negara biasa-biasa saja nan sederhana.

Namun Terkadang ada negara dengan kualitas jelek, kemiskinan dimana-mana, malnutrisi, kelaparan, korupsi, penuh tindak kejahatan, terorisme, peperangan, dan ada banyak negara yang diketahui kekurangan gizi (stunting) sehingga sering terkena sakit penyakit akibat kualitas politik pemerintahan dalam negeri yang sangat buruk.
 
27 Negara Paling Kuat Dari Kombinasi Militer, Ekonomi, Politik dan Pengaruh Dunia 2019

1]. Amerika Serikat 

Amerika Serikat merupakan negara terkuat #1 di dunia. Memiliki 20 kapal induk dan ribuan bom nuklir. Banyak perusahaan startup hi-tech bertaraf global lahir di sini. Negeri yg dipimpin oleh Presiden Donald Trump kuat hampir disegala bidang. Mulai dari musik, film, industri, buku, budaya, universitas, persenjataan, olahraga, teknologi, AI, super komputer, game, luar angkasa, medis, pertanian, seni, perternakan, kedirgantaraan, dan kekayaan alam berupa gas, minyak, hewan ternak, ikan laut, air tawar, dan mineral begitu berlimpah di AS. Sayangnya, Amerika Serikat terkendala menghadapi utang menumpuk akibat perang tak berkesudahan.

2]. Rusia 

Dilihat dari segi geografi, Luas wilayah Rusia membentang terbesar di dunia. Menjadikannya kaya raya terhadap hasil alam seperti gas, minyak, batu bara, pepohonan, hewan ternak, ikan dan mineral-mineral langka. Lucunya, negara ini ngga manja terhadap SDA. Industri manufaktur persenjataan merupakan sumber utama ekonomi Rusia mengekor dibelakang menjadikan ancaman bagi musuh Amerika Serikat. Disektor lain, Pemerintah Rusia jago didalam berinvestasi ke startup-startup luar negeri khususnya ke China. Rusia adalah pemilik senjata bom nuklir terbanyak di dunia bersaing dengan musuhnya AS. Tak ada negara lain mampu mengimbangi AS dan RUSIA dalam kepemilikan senjata pemusnah massal. Bahkan China jauh tertinggal dibelakang Rusia.


3]. China 

Apa terbintas di benak kita tentang China. Ya, produknya ada dimana-mana, mulai dari smartphone, cangkul, kipas angin, mainan anak, piring, mangkuk, peralatan listrik, dan masih banyak lagi tertulis label Made by China. Negara China dipimpin oleh partai komunis didominasi oleh orang-orang Ateis dikenal ahli dalam perdagangan atau urusan bisnis dagang. Mereka tahu bagaimana cara mengemas produk murah meriah tetapi kualitas ok punya setara premium. Mereka tahu bagaimana meraup laba untung dalam berdagang. China merupakan pemimpin dalam jalur perdagangan sutra modern yg disebut One Belt One Road.


4]. Uni Eropa 


Uni Eropa memiliki hampir 512.000.000 juta penduduk. Punya pendapatan GDP terbesar #2 setelah Amerika Serikat. Tenaga kerjanya terampil dibidang teknologi. Jerman dan Ferancis adalah pusat utama ekonominya.

5]. Jepang 

Negara kelahiran sang kakek Sugiono ini emang terkenal jago di dalam industri game, animasi anime dan manusia virtual. Orang-orang Jepang terkenal disiplin, pekerja keras, berjiwa gigih dan mereka begitu inovatif melahirkan produk teknologi seperti otomotif, kendaraan, mesin, motor, mobil, music volacoid, robot, dll. Didukung oleh pemerintahan yg saling mendukung, menjadikan Jepang sebagai bangsa maju.

6]. Korea Selatan 

Korea Selatan adalah salah satu bangsa pengekspor terbesar untuk teknologi smartphone, mobil, kulkas, AC, dll. Musik Kpop dibintangi oleh artis cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Drama film Korea disukai oleh banyak penikmat entertainment di seluruh dunia sehingga terkadang membuat seseorang meluluhkan air mata, menangis dan terharu terbawa emosi.

7]. United Kingdom (Inggris)

8]. Turki

9]. Israel 

Israel merupakan pemimpin dunia dalam teknologi pertanian, perikanan dan perkebunan modern berteknologi mutakhir, menyulap lahan tandus padang pasir di Timur Tengah menjadi hutan buatan terbesar satu-satunya di dunia. Ekonomi Israel dibangun oleh SDM berkualitas tinggi. Negara berpenduduk 8.907.000 juta orang ini dimana mayoritas adalah orang-orang Yahudi, mereka melahirkan banyak ilmuwan, professor, doktor, entrepreneur, investor, dan bahkan hingga peraih nobel bergengsi. Terdapat 6.000 perusahaan teknologi di Israel. 200 diantaranya industri senjata. Menobatkan Israel sebagai pemimpin #1 di bidang teknologi intelijen cyber, pesawat militer robot drone, pemimpin teknologi mesin desalinasi reverse osmosis mengubah air laut asin menjadi air tawar jernih. Pada tahun 2019, Israel memiliki 20 startup Unicorn. Industri obat-obatan, peralatan medis dan ilmu kehidupan berlimpah di Israel dan masuk jajaran terbesar top #15 dunia. Israel dikenal pula sebagai penjual senjata terbesar peringkat #6 di dunia. Universitas Israel masuk top #600 terbaik di dunia. Ekonomi Israel tangguh terhadap embargo walaupun diblokir dan dibanned oleh 57 negara muslim karena pasar marketing Israel menyasar ke negara-negara beragama demografi Kristen, Ateis, Hindu dan Buddha. Disisi lain, pasar Israel menyasar ke negara Muslim tetangganya seperti Yordania dan Mesir karena telah menerapkan perdamaian. Israel top #1 dalam penelitian riset R&D, Israel top #4 dalam teknologi hak paten penemuan dan Israel top #5 dalam bidang inovasi teknologi mutakhir. Angkatan bersenjatannya masuk kategori sulit dikalahkan. Israel pemilik senjata pemusnah massal nuklir.

10]. India 

India menghadapi masalah karena banyaknya jumlah kemiskinan. Namun secara garis besar pengaruh India memiliki dampak luas membuat orang bergoyang dengan music dan film Bollywood. Selain kemiskinan, problem India yaitu bersitegang terhadap negara tetangga Pakistan dan China. Pendapatan GDP seluruh sektor ekonomi India salah satu terbesar di dunia.

11]. Brazil

12]. Arab Saudi

13]. Iran

14]. Swiss

Swiss Switzerland berpopulasi kecil hanya 8 juta orang penduduk ini menghasilkan pemerintahannya solid yang mampu dan sanggup meraup Rp 3.388 triliun per tahun. Swiss memiliki cadangan devisa (cadev) sebesar $ 730 miliar dolar. Industri maju modern seperti industri jam tangan mewah, industri pengolahan makanan seperti NESTLE, industri medis obat-obatan, seperti Novartis, Roche dan industri jasa perbankan. Swiss adalah negara pertama di dunia dimana industri perbankan mendukung teknologi blockchain & digital cryptocurrency.

15]. Indonesia 

Indonesia negara besar, wilayahnya luas dengan sumber daya melimpah bak seperti surga, gunung menjulang tinggi, alam hijau, burung berkicau, dan lautan dipenuhi oleh banyak ikan. Negara ini aman peringkat #9 di dunia. Dilihat dari faktor militer, ekonomi, perkembangan startup, industri. Indonesia merupakan bangsa yang besar. Pendapatan GDP dari sebanyak total 265.000.000 juta penduduknya mencapai lebih dari Rp 14.000 triliun rupiah per tahun. Pendapatan negeri pemerintah Indonesia yg dipimpin oleh presiden Jokowi pada tahun 2018 meraup sebesar Rp 1.942 triliun dan CADEV (cadangan devisa) sebesar $ 120 miliar dolar. Sayangnya, masih terdapat ketidakefesien birokrasi, kesenjangan kekayaan antara yg miskin kaya dan korupsi merajalela dikalangan pejabat pemerintah menjadikan hambatan tersendiri bagi NKRI untuk memaksimalkan kemakmuran segenap rakyat. Pemerintah telah berusaha mengatasi hal tersebut, tentu saja tak bisa selesai dalam waktu semalam butuh perjuangan politik bertahun-tahun untuk membenahi menjadi lebih baik. Di mata dunia, bangsa Indonesia disegani, pengaruhnya mencolok dalam urusan perdamaian luar negeri membantu Palestina.

16]. Australia

17]. Kanada

18]. Pakistan

19]. Uni Emirat Arab 

Dubai merupakan pusat keuangan Uni Emirat Arab. Ini adalah negara kecil kaya di dunia tahun 2019. 95-99% penduduk UEA tinggal di perkotaan dengan gedung pencakar langit menjulang ke atas awan. UEA dikenal sebagai negara Islam mewah dan bersih. Walaupun ekspor kebanyakan berasal dari minyak & gas. Namun UEA dihormati oleh dunia karena keahliaan berdagang, berbisnis jualbeli dan investasi yg luar biasa hebat. Negara ini melakukan diversifikasi. Produk andalan UEA adalah minyak bumi, gas alam, listrik sinar matahari photovoltaic, petrokimia, buah kurma, semen, aluminium, pariwisata dan investasi ke negara-negara lain.

20]. Taiwan

21]. Vietnam

22]. Thailand  

23]. Qatar

24]. Norwegia

25]. Ukraina

26]. Singapura

Negara kecil Singapura dapat menjadi kaya raya karena memanfaatkan kelemahan negara tetangganya seperti Indonesia dan Malaysia yg lemah dibidang pengolahan manufactur. Konsep Singapura bisa dikatakan sederhana. Mereka membeli bahan baku dari negara tersebut kemudian mengolahnya menjadi bernilai jual tinggi untuk dijual kembali dengan harga yang lebih mahal. Perdagangan bisnis perantara dan memiliki pelabuhan strategis menjadi faktor kekayaan negeri singa tersebut. Jasa bisnis keuangan, pengolahan besi baja, pengolahan elektronik, pengolahan minyak, pengolahan bahan baku mentah, retailer penjualan, investasi, fintech, startup dan jalur transportasi kapal-kapal perdagangan merupakan andalan Singapura. Di ranah militer, kemampuan Singapura tak bisa dipandang remeh. Angkatan senjatanya termasuk kategori sulit dikalahkan.


27]. Selandia Baru 

Ekonomi Selandia baru menempati posisi #1 untuk bidang sosial, seperti kebutuhan dasar manusia dan peluang kesejateraan yang baik. Negara ini aman, makmur, tentram dan damai. Walhasil begitu minim beban biaya pengeluaran untuk gejolak keamanan sehingga menghemat banyak uang. Hasil utama Selandia baru meliputi produk pertanian, buah-buahan, pertambangan mineral, fabrikasi logam, pengolahan kayu menjadi kertas dan memproses buah menjadi makanan untuk diekspor keluar negeri. Tanah Selandia baru terkenal sangat subur. Menyebabkan perternakan melimpah ruah menghasilkan daging sapi, wol domba, susu dan ikan segar yg sangat banyak.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU